HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pandainya Mereka Mendulang Uang

Usia masih terbilang muda, tapi penghasilan mereka bikin terpana. Bukan hanya puluhan atau ratusan juta, angka millilar rupiah pun di tangan. Selain kreatif, ulet, mereka juga sangat pandai memanfaatkan peluang. Yang mengagumkan, dalam waktu singkat rumah dan mobil mewah  berhasil mereka miliki.

Inilah beberapa contoh generasi milenial yang amat pandai mendulang uang.

Ria Ricis
Iseng via instagram

Instagram yang bagi sebagian orang hanya digunakan sebagai sarana sosialisasi, tidak dengan gadis berhijab ini. Lahir di Batam, 1 Juli 1995, Ria sejak kecil memang punya hobi menghibur orang. Dan ketika ia mulai mengenal instagram, ia pun menggunakan sosial media itu untuk menghibur orang. Meme-meme dan video parodi yang dibuatnya, ternyata banyak disukai. Dan itu otomatis mendatangkangkan banyak follower.

Sukses di instagram, adik kandung Oki Setiana Dewi, artis yang menjadi penceramah agama ini, mulai merambah ke youtube. Pemilik nama lengkap Ria Yunita ini membuat konten seperti vlog dan video-video review mainan anak-anak yang lagi hits. Salah satunya squishy, mainan yang memiliki tekstur lembut dan kenyal dan berbentuk lucu-lucu.

Memiliki subscriber di youtube hingga 4 juta, penghasilan Ria bisa mencapai milliar rupiah dalam satu tahun. Kabarnya, Ria sudah berhasil membeli rumah dan mobil mewah dari hasilnya sendiri. Hebatnya, selain sukses sebagai youtuber dan selebgram, Ria juga piawai berbisnis. Selain menangani bisnis hijap, ia juga memiliki restoran dan toko kue.

Atta Halilintar
Berawal vlog aktivitas keluarga

Anak sulung dari 11 anak pasangan Halilintar Anofial Asmid dan Lenggogeni Faruk ini, memang memiliki bakat dagang yang kental. Orangtuanya yang berdarah Minangkabau, berkeliling dunia sambil berdagang dengan membawa serta 11 anaknya, 6 cowok dan 5 cewek.

Keluarga Halilintar menjadi terkenal sejak sang Bunda menerbitkan buku Kesebelasan Gen Halilintar: My Family My Team. Buku ini banyak menginspirasi keluarga di Indonesia, karena kekompakannya. Memiliki 11 anak tidak membuat keluarga ini merasa perlu dibantu oleh pengasuh atau baby sitter. Sistem yang diterapkan keluarga  besar ini adalah kakak harus membantu adik. Hasilnya,  sebelas anak keluarga ini terbiasa mandiridan kreatif sejak dini.

Atta yang lahir di Dumai, 2 November 1994, awalnya hanya posting vlog aktivitas keluarganya. Tak dinyana vlog Gen Halilintar banyak penggemarnya dan berhasil masuk kanal youtube terfavorit,  mencapai angka 4 juta subscriber.

Selanjutnya, Atta membuat kanal youtube sendiri. Kanal youtube Atta Halilintar berisi antara lain: daily life, rap, prank juga Q & A. Dari kreativitasnya di kanal youtube, Atta berhasil memenuhi pundi-pundinya. Untuk satu video ia bisa meraup Rp. 70.000.000. Sementara video yang sudah dihasilkannya lebih dari 230 video. Jadi, bisa dibayangkan  berapa penghasilan pria lajang ini. Tak hanya mendulang uang lewat youtube,  Atta juga memiliki mesin uang berupa bisnis fashion yang sukses.

Raditya Dika
Penulis buku, standup comendian, aktor, sutradara dll

Berbicara tentang youtuber, tidak bisa lepas dari nama Raditya Dika. Terlahir dengan nama Dika Angkasaputra Moerwani pada 28 Desember 1984, Raditya memiliki sederet aktivitas kreatif sebelum menyandang youtuber sukses.

Pria yang bulan Mei 2018 lalu baru melepas status lajangnya ini, awalnya menulis buku dengan judul yang nyeleneh Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh (2005). Sesuai judulnya, buku itu berisi catatan harian Raditya ketika masih kuliah di Adelaide, Australia. Bulan-bulan pertama bukunya tidak terlalu laku. Bahkan sang Bunda, sampai berinisiatif membeli banyak buku karya anaknya itu, dan membagikannya kepada teman-temannya, demi agar buku anaknya laku.

Namun, Raditya juga tidak tinggal diam, ia rajin mempromosikan buku pertamanya itu di blog-nya, antara lain dengan mengadakan sayembara. Buku keduanya Cinta Brontosaurus diterbitkan setahun kemudian. Dan pria super kreatif ini selanjutnya setiap tahun menerbitkan buku baru.  Raditya berhasil menampilkan genre baru yang segar. Uniknya, judul bukunya selalu menggunakan nama binatang.

Setelah menjadi penulis buku, ia merambah dunia stand up comedy, menjadi sutradara film dan penulis skenario. Kesuksesan Raditya makin bersinar ketika ia mulai membuat film-film pendek di youtube. Ide-ide segar, konyol dan nyeleneh membuat penggemarnya membludak. Hasilnya, subscribernya jutaan dan koceknya pun terus menggelembung. Meski selalu mengelak setiap kali ditanya berapa penghasilannya, dari apa yang dimiliki suami dari Anissa Aziza ini, bisa diperkirakan mencapai angka milliar. Rumah mewah di Jakarta Selatan dan pernikahan mewah yang digelar baru-baru ini, adalah jawaban seberapa uang yang berhasil Raditya dulang lewat kreativitasnya.

Banyak anak muda yang terinspirasi kesuksesan Raditya. Dan setiap kali ditanya apa kunci suksesnya, Raditya selalu mengatakan: berkarya saja dulu, uang nanti akan menyusul datang. Dan modal penting yang harus dimiliki seorang youtuber adalah: ide konten yang bisa sampai kepada para penonton. Pikirkan baik-baik isi apa yang ingin disuguhkan di setiap frame.Sehingga hasilnya tidak asal-asalan.

Bagaimana Youtuber menghasilkan uang?

Kok bisa ya seorang youtuber cepat menjadi milliader? Semua tergantung banyaknya viewer dan subscriber yang mereka dapatkan. Pemasukan youtuber lewat iklan yaitu melalui Cost Per Mille (CPM).

Sistem ini berlaku setelah youtuber mengaktifkan fitur: monetizing options. Jadi, nilai iklan yang dipasang di video akan dibayar per 1000 kali view. Di Indonesia pengiklan akan membayar 1 US$ untuk setiap 1000 view iklan di video yang diupload.

Misalnya nih, youtuber mencapai 5.000.000 view, berarti 5.000 x Rp. 14.000 = Rp. 70.000.000. Kalau satu video saja bisa menghasilkan sejumlah itu, bagaimana kalau video yang diupload sudah mencapai 200-300 video?  Kebayang kan berapa penghasilan youtuber sukses? Tidak heran bila membeli rumah dan mobil mewah sudah menjadi hal mudah bagi mereka.

MH dari berbagai sumber
Foto: Instagram






Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *