HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cara Cespleng Menghalau Galau

Tiba-tiba saja Anda merasa gundah, bingung, gelisah. Pokoknya perasaan sangat tidak nyaman. Rasanya nggak mood mengerjakan apa pun. Karena sangat tidak mengenakkan, rasanya ingin segera bisa menghalau galau dengan cara apa pun.
Mereka yang berpikiran pendek lalu mengambil jalan pintas; minum-minum sampai mabuk atau yang  mengonsumsi narkoba. Dan pada kenyataannya, kini makin banyak wanita yang terjebak  ke minuman dan narkoba sekadar untuk menghilangkan galau. Dengan menegak barang haram itu, sejenak mungkin rasa galau terlupakan. Namun efek sampingnya menjadi kecanduan. Setiap galau melanda, inginnya cepat hilang. Barang itu lagi yang dicari.Bukannya ketenangan yang didapat malah risiko tinggi menghadang.

Kenapa  bisa galau?
Galau adalah kondisi yang berhubungan dengan ketidakteraturan pikiran atau rasa kacau dalam pikiran. Penyebab galau umumnya masalah kehidupan; mulai dari masalah ekonomi, pekerjaan, pertemanan, percintaan, keluarga dan sebagainya.

Mereka yang mengalami galau akan merasakan penurunan kualitas mood. Mood jadi terganggu hingga muncul perasaan cemas.

Sebagai contoh, persaingan untuk promosi di perusahaan Anda sangat ketat. Meski sudah berusaha maksimal dan berupaya menerima kenyataan dengan tenang, tetap saja sesekali Anda diterpa rasa cemas. Bagaimana kalau saya tidak mencapai target semester ini? Bagaimana kalau perusahaan menggeser posisi saya dan menyerahkan ke rekan yang masih yunior? Bagaimana saya mempertahanakan gaya hidup saya?

Pertanyaan yang bertubi-tubi dalam pikiran Anda membuaat mood Anda menurun drastis. Galau melanda dan Anda berusaha mencari-cari apa yang bisa menghilangkan galau dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Kunci dari menghilangkan rasa tak nyaman itu adalah mengalihkan dari pikiran yang menekan itu. Lakukan sesuatu diluar hal yang biasa Anda kerjakan. Atau kegiatan yang sebetulnya Anda sukai namun sudah jarang Anda lakukan karena kesibukan. Dengan melakukan suasuatu yang berbeda, fokus Anda bergeser sehingga rasa galau pun berkurang.

Berikut beberapa contoh kegiatan sederhana yang mungkin bisa Anda coba..

Bermain dengan hewan
Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa bercengkrama dengan hewan bisa membuat bathin seseorang menjadi tenang. Mereka yang sedang dalam proses penyembuhan stoke sering dianjurkan untuk memberi makan hewan. Di saat memberi makan hewan, ada interaksi yang bernada iklas, di mana Anda tidak berharap balasan yang sepadan dari si hewan. Sementara tingkah lucu hewan bisa membuat seseorang merasa terhibur, dan itulah yang membuat perasaan menjadi ringan dan rasa galaupun berangsur hilang.

Berkebun
Tidak harus memiliki kebun luas atau taman indah untuk bisa beraktivitas berkebun. Anda yang tinggal di rumah dengan halaman mini atau di apartment yang balkonnya mungil, tetap bisa berkebun. Sekadar melakukan hal-hal ringan. Membereskan tanaman yang sudah ada; menggunting daun-daun dan ranting yang kering. Menambah tanah di pot bunga lalu menyirami semua tanaman.

Untuk yang belum pernah menaman apa pun, bisa mulai dengan hal kecil. Sediakan beberapa pot, atau bisa juga gunakan bahan daur ulang; bekas kemasan sabun cair atau kotak susu cair. Isi dengan tanah secukupnya. Ambil sebutir tomat atau cabai. Keluarkan bijinya dan tanam di pot yang sudah diisi tanah tadi.

Atau, bila di kulkas ada kangkung, bayam, daun bawang ataupun seledri  yang masih ada akarnya, potong bagian akar dan tanam di pot. Dalam beberapa waktu Anda akan melihat hasilnya.

Baca buku inspiratif
Sudah jarang membaca buku, karena lebih banyak membaca dari smartphone? Mungkin ini saatnya letakkan sebentar smartphone Anda. Ambil buku yang cukup inspiratif, duduk atau tiduran di tempat yang nyaman. Putar musik lebut tapi bukan yang mendayu-dayu ya sambil siapkan minuman ringan.
Dalam beberapa saat Anda akan asyik dengan kegiatan ini dan rasa galau pun pelan-pelan sirna.

Meditasi

Meski belum pernah meditasi sebelumnya, Anda bisa mencoba. Meditasi adalah kegiatan pelepasan pikiran dari semua yang membebani atau mencemaskan.

Dalam meditasi yang dilakukan selama jangka waktu tertentu, sekitar 30 menit hingga satu jam, kita menganalisis, menarik kesimpulan dan mengambil langkah-langkah lebih lanjut untuk menyikapi, menentukan tindakan atau penyelesaian masalah pribadi, hidup dan perilaku.

Selama melakukan meditasi detak jantung melambat, tekanan darah menjadi normal, pernapasan jadi tenang dan tingkat tekanan dalam pikiran menurun.

Begitu banyak manfaat meditasi, cara alami yang membuat Anda sehat lahir bathin. Dan yang lebih penting bikin Anda tak gampang galau!

MH
Berbagai sumber
Foto: Pixabay & Dok

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *