HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Poso, Keindahan Negeri di Awan


Apa yang pertama Anda ingat saat mendengar nama Poso? Hm, tidak bisa disangkal memang bila jawabannya adalah: kerusuhan.

Beberapa tahun yang lalu Poso memang pernah dilanda kerusuhan dan itu berlangsung beberapa kali dan menimbulkan korban yang tidak sedikit. Akibat kerusuhan yang melanda Poso membuat nama kabupaten di Sulawesi Tengah itu mendunia. Selain itu beberapa kali teroris pun ditangkap di Poso.

Poso surganya penggemar ikan laut.Ikan segar baru ditangkap nelayan dijajakan di pinggir jalan

Poso kini telah damai. Dan ternyata Poso bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang asyik. Diam-diam Poso memiliki banyak tempat indah dan mayoritas masih alami.
 
Berayun-ayun di pantai Imbo


Yang paling menarik di antara banyak tempat menarik adalah pantai Imbo, danau Poso juga air terjun bertingkat Saluopa.  
 
Penjual gogoso (semacam lemper, isi ikan & dipanggang) di pinggir jalan Palu-Poso. Rasa tambah.

Posisi kota Poso yang berada di ketinggian membuat kota indah ini mendapat julukan sebagai Negeri di Awan.

Pantai Imbo masih alami & sepi

Bila Anda memilih perjalanan darat dari Makassar ke Poso, harus siap-siap senam jantung. Soalnya,  jarak sekitar 697 km dan ditempuh dalam 16-17 jam, akan terus mendaki dan jalan berada di bibir  bukit yang kanan kirinya diapit jurang yang amat dalam. Saking dalamnya jurang di kanan kiri jalan sampai puncak  pohon tinggi pun bisa diraih. Joke yang menggambarkan betapa dalamnya jurang adalah: sudah menyanyikan lagu Indonesia Raya sampai selesai, benda yang jatuh belum juga sampai ke dasar jurang....

Senja di Danau Poso (foto: Dedy)

Pilihan lain untuk menuju Poso melalui jalan darat adalah dari Palu. Jarak tempuh sekitar 6-7 jam perjalanan, juga melalui jurang di kanan kiri jalan, tapi tidak separah jalur Makassar – Poso.
Air terjun  Saluopa 12 tingkat, pengunjung bisa naik sampai  atas karena batu di air terjun tidak licin.

Tidak ingin jalan darat, bisa menggunakan jalur udara. Salah satu maskapai penerbangan nasional menyediakan rute Makassar –Poso. Bandara di Poso yang bernama bandara Kasiguncu melayani rute Makassar –Poso setiap hari. (MH-FT1)
Foto: MH, RSP
  

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *