HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Berdamai dengan Diabetes


Bermula dari iseng ikut mengecek darah di acara reuni, Anda terkejut ternyata gula darah menunjuk angka 208! Sudah di atas normal. Padahal Anda yakin selama ini tidak ada keluhan apapun yang mengarah ke penyakit diabetes, misalnya mengantuk setelah makan, banyak buang air kecil di malam hari dan merasa sangat ingin minum yang manis-manis di saat-saat tertentu.
Menurut penelitian, setiap orang memang bisa terjangkit diabetes. Beberapa bulan yang lalu kita sehat-sehat saja, gula darah normal. Tapi saat ini mungkin sudah terjangkit diabetes. Itu semua karena pola hidup yang kurang sehat. Sering mengonsumsi junk food, lebih memilih minum minuman ringan ketimbang air mineral, kurang olah raga dan porsi makanan kadang berlebihan.
Diabetes Melitus berasal dari bahasa latin, yaitu diabetes berarti penerusan dan melitus yang berarti manis. Umumnya awam menyebutnya sebagai penyakit gula atau kencing manis.
Setelah telanjur terjangkit diabetes, apakah masih bisa hidup normal dan nyaman dengan tetap boleh makan enak? Ternyata boleh. Tapi tentu dengan mengikuti rambu-rambu tertentu agar gula darah tetap terjaga dan stabil.

Periksa ke dokter
Ini langkah awal untuk mereka yang terdeteksi diabetes. Segera lakukan pemeriksaan secara medis. Setelah mendapat hasil yang menyatakan positif diabetes, maka dokter akan memberikan nasihat yang berkaitan dengan mengatur pola makan, selain juga memberikan resep berupa obat yang harus dikonsumsi secara teratur.

Pola makan diatur
Bila sebelum tahu memiliki penyakit diabetes biasa makan nasi putih, saatnya mengubah haluan dengan mengganti dengan nasi merah. Mungkin awalnya masih kurang sreg, karena memang nasi merah kurang kadar gulanya, sehingga rasanya lebih hambar. Bisa saja dimulai dengan dicampur, setengah nasi merah setengah nasi putih. Kalau bosan makan nasi merah bisa sesekali diganti dengan oatmeal tanpa gula. Agar terasa lebih nikmat bisa ditambahkan pisang atau stawberry
Makan daging tidak masalah untuk penderita diabetes, namun disarankan untuk memilih daging tanpa lemak. Sebaiknya daging tidak dimasak menggunakan minyak, tapi dipanggang atau dibakar.
Diabetes tetap bisa makan coklat lho. Tapi coklat yang dipilih sebaiknya dark chocolate. Menurut penelitian, mengonsumsi dark chocolate bisa mempercepat pengolahan glukosa darah dan mampu mengurangi nafsu makan yang berlebihan. Satu hal yang bagus untuk penderita diabetes.

Olah raga ringan secara teratur
Dokter selalu menyarankan kita untuk melakukan olah raga teratur, agar tetap bugar karena aliran darah lancar. Apalagi untuk penderita diabetes, olah raga adalah keharusan. Tidak perlu berupa olah raga yang berat di gym, cukup dengan jalan kaki 30 menit setiap hari di sekitar rumah atau dalam perjalanan ke kantor. 
Dengan gaya hidup yang terjaga maka diabetisi (sebutan untuk penderita diabetes) tetap bisa menikmati hidup normal, nyaman dan aktif seperti biasa. (HD1) Foto: Pixabay

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *